Tips Liburan Aman Terhindar berasal dari Covid-19

Tips Liburan Aman Terhindar berasal dari Covid-19

Liburan panjang waktu cuti bersama di akhir pekan depan rentan jadi layanan penularan Covid-19. Pengalaman dua kali libur panjang sebelumnya diikuti peningkatan masalah jadi perhatian.
Pemerintah sudah mengingatkan masyarakat supaya sebisa bisa saja berada di tempat tinggal waktu libur panjang terhadap 28 Oktober sampai 1 November 2020 mendatang. Namun, libur ini bisa jadi layanan pelepas capek dan bosan karena pembatasan kegiatan waktu pandemi.

Lihat juga:Luhut Khawatir Libur Akhir Oktober Picu Klaster Covid
Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono beri tambahan tips liburan aman berasal dari penularan Covid-19, selanjutnya di antaranya: paket wisata

1. Hindari percikan air liur
Selama ini penyebaran virus corona berlangsung lewat penularan droplet, berasal dari percikan air liur waktu berbicara. Masyarakat sebaiknya patuh #pakaimasker dan #jagajarak dan juga menjauhi kerumunan supaya tidak terpapar Covid-19.

Adapun, spesifikasi standar masker adalah masker bersama efektivitas pertolongan sedikitnya 70 persen. Masker bedah mempunyai efektivitas pertolongan 80-90 persen, waktu jenis N95 mempunyai kualitas lebih tinggi bersama efektivitas pertolongan 95 persen.

2. Hindari kerumunan
Pilih area wisata yang tak terlalu padat karena menjauhi potensi penyebaran virus corona. Dalam situasi apa-pun di area umum seperti area makan, menjauhi berkerumun dan patuh terhadap prinsip jaga jarak 2 meter.

3. Perhatikan standing zona obyek liburan
Status zonasi lokasi wisata yang bakal dituju sebaiknya diketahui lebih awal, apakah statusnya zona hijau, kuning, oranye, atau merah. Status itu bisa diketahui bersama datang ke laman resmi Covid-19 atau bertanya langsung ke kantor pemerintahan setempat. Disarankan pilih lokasi hiburan di zona hijau yang relatif lebih aman.

4. Hindari area tertutup
Setelah memperhitungkan zonasi, pastikan lokasi hiburan itu di area terbuka seperti pantai atau wisata pegunungan. Hindari berlibur di ruangan tertutup tanpa sirkulasi udara yang baik.

5. Pastikan tubuh sehat
Pastikan situasi tubuh sehat sebelum mengambil keputusan berangkat liburan. Jika situasi fisik mempunyai masalah sebaiknya tunda perjalanan dan lebih baik melacak hiburan di dekat tempat tinggal bersama jarak terjangkau.

Leave a Comment