Panduan Pemecahan Masalah Cepat Untuk Masalah Alat Bantu Dengar Umum

Orang yang menggunakan alat bantu dengar, terkadang dapat menemukan diri mereka terjebak dengan penurunan kinerja alat yang berguna ini secara progresif karena berbagai penyebab. Artikel ini menawarkan panduan yang berguna untuk mendiagnosis/menyelesaikan masalah alat bantu dengar. Ini diakhiri dengan menawarkan akses unduhan ke satu halaman (Acrobat PDF) “Bagan Pemecahan Masalah Untuk Masalah Alat Bantu Dengar Umum” yang membuat proses menemukan solusi alat bantu dengar yang Anda butuhkan lebih mudah.

Berikut ini adalah masalah alat bantu dengar yang umum ditemui pengguna. Saya menyarankan kemungkinan penyebab dan solusi untuk masing-masing dari mereka menggunakan pendekatan poin-poin.

1. Jika Alat Bantu Dengar mengeluarkan suara “Bersiul”, hal ini dapat disebabkan oleh:

A. Earmold yang salah dimasukkan. Tindakan: Periksa dan pasang kembali earmold jika perlu.
B. Atau mungkin tidak cocok. Tindakan: Dalam hal ini, Anda harus mengganti cetakannya.
C. Tabung mungkin retak. Tindakan: Periksa tabung dengan hati-hati, dan jika Anda menemukan retakan, gantilah.
D. Pengaturan volume mungkin terlalu tinggi. Tindakan: Periksa pengaturan volume dan turunkan jika perlu.

2. Jika berbunyi “garuk, mendesis atau menggoreng” atau terus menyala dan mati, itu bisa disebabkan oleh:

A. Debu terkumpul di kontak/kontrol sakelar. Tindakan: Gerakkan sakelar maju/mundur berulang kali untuk menghilangkan debu yang terkumpul, dll
B. Kontak baterai buruk. Tindakan: Periksa kontak baterai itu.
C. Paparan kelembaban, atau keringat berlebih yang menyebabkan kelembaban menyumbat alat bantu dengar dan mengubah suara. Tindakan: Gunakan wadah pengering atau dehumidifier alat bantu dengar (misalnya kit yang menggunakan pengering seperti silika yang menyerap kelembapan dari alat bantu dengar).

3. Jika alat bantu dengar menghasilkan suara yang lebih lemah dari biasanya, kemungkinan penyebabnya antara lain:

A. Baterai mungkin lemah. Tindakan: Ganti baterai dan periksa suara lagi.
B. Earmold mungkin salah dimasukkan. Tindakan: Pasang kembali earmold.
C. Lilin mungkin menumpuk di saluran telinga; atau sebagian menyumbat earmold. Tindakan: Pergi ke dokter untuk pemeriksaan telinga (dengan spekulum telinga). Bersihkan telinga &/atau jamur telinga jika perlu.
D. Tabung mungkin retak atau lembab. Tindakan: Periksa retakan atau kondensasi. Memiliki tabung dibersihkan dari kelembaban jika memungkinkan. Jika retak, ganti tabung.

4. Jika bantuan tidak menghasilkan suara:

A. Mungkin belum ON. Tindakan: Periksa sakelar dan hidupkan jika perlu.
B. Baterai tidak dimasukkan dengan benar – atau ukurannya salah. Tindakan: Periksa posisi/ukuran baterai. Sesuaikan/ganti jika perlu. Jika tidak masuk dengan mudah, sesuaikan pendekatan entri atau dapatkan ukuran yang benar.
C. Jamur telinga mungkin tersumbat. Tindakan: Bersihkan jamur telinga.
D. Baterai mungkin mati atau kontaknya berkarat. Tindakan: Ganti dengan baterai baru. Bersihkan kontak yang terkorosi – penghapus pensil dapat digunakan. Ganti kontak jika sudah aus.
e. Tabung mungkin tersumbat atau bengkok. Tindakan: Periksa tabung. Bersihkan atau ganti jika perlu.

5. Dan jika menghasilkan suara mendengung, bersenandung, atau merengek, itu bisa disebabkan oleh:

Gangguan telepon seluler. Hal ini karena ponsel/PC memancarkan frekuensi radio dan radiasi elektromagnetik yang dapat menyebabkan suara “berdengung, bersenandung, atau merengek”.

Anda akan memeriksa apakah telepon kompatibel dengan alat bantu dengar dengan mencari ikon yang tercetak di atasnya.

Di AS, FCC (Federal Communications Commission) dilaporkan mewajibkan ponsel untuk dinilai seberapa besar gangguan yang mungkin ditimbulkan pada alat bantu dengar.

Skala penilaian berkisar dari 1 hingga 4. Empat kemungkinan tersebut adalah: M1 atau T1 (buruk), M2 atau T2 (cukup), M3 atau T3 (baik), dan M4 atau T4 (sangat baik). Hanya ponsel dengan peringkat 3 atau 4 yang boleh dijual sebagai alat bantu dengar yang kompatibel (HAC).

Seperti namanya, berbagai jenis alat bantu dengar berperan membantu penggunanya untuk mendengar dengan memperkuat bunyi di sekitar. Alat bantu dengar Tangerang bisa Anda dapatkan di aqm hearing center yang membantu penggunanya lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Leave a Comment