Bagaimana Melindungi Diri Anda Dari Ketegangan Mata Komputer

Mata lebih dari jendela bagi jiwa kita. Mereka berfungsi sebagai lampu bagi tubuh kita untuk menunjukkan kepada kita dunia fisik yang kita miliki, dan karena itu, kita hidup, bergerak, dan memiliki keberadaan kita.

Dengan munculnya revolusi teknologi generasi kita- teknologi informasi, perangkat lunak dan elektronik membuka jalan bagi penggunaan luas peralatan berbasis layar yang disebut terminal tampilan visual (VDT), baik di tempat kerja atau di waktu luang. Dan sebagian besar pengguna biasa VDT memiliki keluhan umum: kelelahan mata. Mereka tidak dapat membantu menghabiskan berjam-jam di depan komputer.

Beberapa dari mereka menghabiskannya untuk kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan, yang memakan kesehatan retina mata waktu lebih lama dalam rutinitas sehari-hari mereka. Sementara yang lain menghabiskan banyak waktu asyik dengan layar mereka bermain video game, game online, atau apa pun yang mungkin terkait.

Ketegangan mata akibat komputer memiliki gejala yang pasti akan mempengaruhi pekerjaan dan tugas visual Anda, membuat Anda kurang efektif dan produktif. Kiat sederhana akan menyarankan bahwa:

a) pastikan monitor Anda berada pada sudut ketinggian yang benar untuk mencegah mata dan leher Anda tegang untuk melihat seluruh layar.

b) Perbaiki mata Anda dan fokus pada bagian tengah layar

c) Pastikan pencahayaan Anda tepat tanpa mengganggu penglihatan Anda saat melihat komputer,

d) hindari duduk di depan jendela atau di belakangnya untuk menghindari silau

Tindakan pencegahan lainnya:

1. Beristirahatlah sejenak dan sering dari monitor. Istirahatkan mata Anda sekitar 2-3 menit setiap 15-20 menit, 5 menit setiap 30 menit, atau 10 menit setiap jam.

2. Lakukan latihan mata. Pijat mata yang baik setiap hari akan membantu melawan ketegangan mata. Pijat kelopak mata dan otot di atas alis, pelipis, dan pipi bagian atas. Lakukan sekali atau dua kali sehari.

3. Perbaiki stasiun kerja Anda senyaman mungkin, terutama pengaturan komputer Anda. Pastikan pencahayaan klinik mata bekasi yang tepat tercapai yang akan mengontrol pantulan silau dan layar.

4. Gunakan postur yang tepat. Tempat duduk yang tepat akan membantu Anda menghindari ketegangan dari komputer dan pada saat yang sama, akan menopang punggung Anda dengan baik.

5. Sering berkedip karena membantu menghasilkan air mata yang melembabkan dan melumasi mata.

6. Konsultasikan dengan Ahli Perawatan Mata bila Anda menderita gejala ketegangan mata yang berkepanjangan dan konsisten karena penggunaan komputer yang berlebihan. Mereka dapat merekomendasikan resep yang tepat dan menyarankan Anda untuk mencapai stasiun kerja yang kondusif untuk pekerjaan Anda.

7. Sesuaikan pengaturan kecerahan layar Anda

8. Sesuaikan ukuran font, warna, sesuai kenyamanan Anda

9. Perhatikan pola makan Anda. Makan banyak makanan dengan Vitamin A terdapat pada wortel, sayuran berdaun hijau berwarna buah-buahan. Ini akan membantu Anda meningkatkan penglihatan Anda dan untuk mencegah masalah mata terkait

10. Terakhir, lakukan semua hal di atas. Pastikan Anda mendapatkan perawatan yang tepat untuk mata Anda.

Ada banyak cara yang harus kita perhatikan dalam merawat mata kita. Satu ons pencegahan lebih baik daripada satu pon pengobatan. Jika kita memiliki pengetahuan sekarang tentang ketegangan mata, kita harus menggunakannya dan tidak menerima begitu saja. Karena pada akhirnya, bukan hanya kita yang menderita tetapi orang-orang di sekitar kita juga.

Leave a Comment